Tentang ungu-ungu di kepala saya

Batalyon I/ITB

Batalyon I/ITB itu tuh, yang kayak tentara kampus, pake baju ijo-ijo, kadang-kadang putih-putih, pake ungu-ungu di kepalanya… Kerjaannya jagain kegiatan-kegiatan kampus, terutama kegiatan rektorat. Orang-orang pada nanya, menwa ngapain aja sih? Saya juga gak tau, dulu. Sekarang, buat saya Batalyon I, lebih, lebih, lebih dari itu…

Pas kumendan (mantan) minta agar para staffnya (mantan), untuk membuat testimoni, mau nggak mau memaksa memori saya me-recall kenangan 3 tahun bareng Yon I…

Yon I, buat saya selalu istimewa, cinta pertama-lah pokoknya. Sampai sekarang, pengalaman bergabung dengan Yon I, pengalaman yang paling gak akan saya sesali kayaknya, at least sampe saat ini.

Dimulai dari kenangan Diksar, the life changing experience kalo kata temen. Diksar mengajarkan nikmatnya seteguk air, semua makanan itu enak, dan betapa menyenangkannya satu hirupan nafas. Diksar mengajarkan betapa kadang melangkahkan satu langkah kaki ke depan bisa sangat sulit, dan betapa menyerah terasa akan sangat menyenangkan.

Diksar membuat kamu mengenal orang lain dalam bentuk aslinya, bahkan mengenal diri kamu, saat terjepit di kondisi serba worst. Kalo kata temen, ga perlulah pedekate ama cewek ampe 2 tahun, buang-buang waktu. bawa aja ke Yon I, pasti keluar semua watak aslinya -Kasilog (mantan)… Dan tahu sendiri, wajah-wajah asli, kadang bukan wajah yang kita senang melihatnya atau bangga kita tampilkan.

Saya pernah agak fetish dengan Batalyon I, tepatnya sehabis diksar, sampai-sampai nongkrong terus, lupa makan (boong), lupa kewajiban hahaha. Semua kegiatan jarang banget yang absen. Mungkin waktu itu masih terkejut-kejut dan terpesona dengan hal-hal (yang menurut saya) ajaib banget.. Cem-cem maen lempar pisau di belakang mako, renang ponco, nembak-menembak, berngarai-ngarai dan bertebing-tebing…

Saat masih junior, saat haha-hihi. Biarpun pendidikan berat -lewat kok, dan gak ampe mati :)-, tapi becanda-becanda bareng temen, saling ngetawain, cape-cape susah-susah bareng rasanya susah buat dilupain… Kadang-kadang ngegosipin senior, kadang-kadang (merasa) ditindas senior, atau ada juga yang kena virus merah jambu (hayooo siapa ??!! ;P).

Saat jadi senior, lain lagi kenangannya. Ceritanya mungkin tentang tanggung-jawab, junioritas… Saat jadi senior ini, mulai tahu kalo disini tekanan-tekanan saat berorganisasi dan ngelaksanain kegiatan kerasa tinggi banget. Pun kalo dibandingin sama organisasi lain di kampus yang pernah diikutin, rasanya ga semenguras ini. Banyak juga (mungkin) yang jadinya pundung. Kadang-kadang, mungkin ada yang mikir, gue udah jungkir balik tapi kok masih aja salah, masih gak cukup dll. Penerapan ga sadar dari semboyan yang dijunjung tinggi Tugasku Kehormatanku. Sedikit toleransi buat yang lalai, atau ga serius…

Aktif di tempat lain, mau ga mau bikin saya sering nge-bandingin suasana yang saya dapat sama di Batalyon I. Sebagai tempat belajar, Batalyon I nawarin kawah candradimuka, tempat kaum dididik keras, tempat kamu dapet banyak kesulitan dan di waktu yang sama, menawarkan banyak kesempatan yang sering terabaikan.

Sebagai tempat berorganisasi, saya kagum-sekagumnya nih, terutama sama rekan-rekan seperjuangan, angkatan 42. Kemampuan kepemimpinan yang luar-biasa, pengorbanan, setia-kawan, totalitas, tahan banting, banyak yang saya lihat sama kalian -ga semua tentunya :)-. Ahaha, rasanya saya bukan apa-apa. Selalu bikin kangen-kangen-sebel gitu deh sama kalian :D.

Saya cinta-cinta-benci ama Batalyon I. Cinta karena lebih dari separo hidup saya di kampus ganesha, terisi kenangan-kenangan super Batalyon I. Bencinya enggak tahu kenapa :).

Semoga Batalyon I tetep jaya.

 

siswi 115.

0890.08.42145.

 

Leave a Reply

