Kacang Tanah Bikin Gendut? Enggak Tau..

Bali salted peanuts. 日本語: バリ島の定番おみやげ。塩味ピーナッツ。

Bali salted peanuts. 日本語: バリ島の定番おみやげ。塩味ピーナッツ。 (Photo credit: Wikipedia)

English: Raw peanuts Bahasa Indonesia: Kacang ...

English: Raw peanuts Bahasa Indonesia: Kacang tanah (mentah) 日本語: ピーナッツ (Photo credit: Wikipedia)

Banyak orang ngehindarin kacang tanah karena takut gendut, atau jerawatan. Padahal kacang tanah, kayak kacang-kacang yang lain, banyak manfaatnya.

Kalo dari segi prosentase kandungan protein, lemak, dan carb nya, kacang tanah ini deket-deket sama kacang mede dan kacang almond, dengan harga yang jauhhh, jauhhh, lebih terjangkau. Kandungan karbohidrat kacang tanah, cuman sekitar 20 gr/100gr, gak sebesar kacang hijau atau kacang merah, yang sekitar 40-60 gr per 100 gr.

Kacang tanah ini, cemilan sehat favorit saya. Cukup di sangrai aja, udah enak. Direbus ama kulitnya kayak di emang-emang, mantep banget kalo lagi dingin-dingin. Apalagi kalo di bikin selai kacang (homemade)—>cek resepnya disini, trus dicemilin malem-malem hahaha. Lotek, gado-gado, karedok, kandungan nutrisi sayurannya, bisa diserap maksimal, kalo digabung sama lemak baik, yang ada di bumbu kacangnya.

Sayangnya olahan kacang tanah, salah-salah, malah bisa jadi buruk buat tubuh. Pemanasan dengan suhu tinggi, misal di goreng, selain nambah kandungan lemak jahat, juga memprovokasi lemak baik pada kacang tanah, jadi ikut-ikutan jahat. Bumbu kacang temennya lotek dan gado-gado, kadang diproses dengan gula yang kebanyakan, padahal cobain deh, gak pake gula atau gulanya dikit aja udah enak kok. Selai kacang, yang dijual dipasaran, kebanyakan mengandung pengawet, gula dan sodium berlebihan. Roasted peanut, juga rata-rata kebanyakan garam. Emang ya, hari gini, yang bikin sehat tuh masak sendiri 🙂

Dari sejuta manfaat kacang tanah, baru sekian ini yang bisa saya list. Hidup kacang tanah (hidup!!!) #naonn

  1. Konsumsi kacang tanah, (dari sebuah artikel penelitian yang pernah saya baca), tidak ada hubungannya dengan kenaikan berat badan. Malahan, dengan kandungan lemak baik, protein tinggi, dan karbohidrat yang lebih rendah, justru beliau ini membantu menurunkan berat badan.
  2. Kandungan lemak baiknya, menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, sehingga menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan Fitosterolnya dapat menghambat pertumbuhan tumor.
  3. Mengandung berbagai mineral bermanfaat, folat, niasin (B3), mangan, dan kalsium. Sehingga bisa menambah kesuburan, dan membantu memperlambat penurunan kemampuan kognitif, dan menjaga fungsi otak
  4. Mengandung serat.
  5. Mengandung vitamin E, alpha-tocopherol, yang bikin awet muda dan…. menyuburkan, hohoho
  6. Obat galau. Kacang tanah mengandung triptofan, yang biasa digunakan buat pengobatan insomnia, gelisah dan depresi. Ini resep dari temen, yang kena baby-blues setelah melahirkan.
  7. Melancarkan ASI
  8. Konsumsi teratur 1 ons kacang tanah setiap minggu dapat menurunkan resiko batu empedu sebesar 25%.

Berikut kandungan lengkap kacang tanah sangrai per 100 gr, menurut USDA

image

Sumber: Artikel-artikel yang terlupakan namanya, The South Beach Diet, http://id.wikipedia.org/wiki/Triptofan, http://www.herbal.web.id/2012/01/5-manfaat-kacang-tanah-untuk-kesehatan.html, http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2261393-manfaat-kacang-tanah/#ixzz1tdczPZWp

Advertisements

5 thoughts on “Kacang Tanah Bikin Gendut? Enggak Tau..

  1. Pingback: Resep Selai Kacang Homemade | jumperparadiso

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s