Dokter Tuh Ya…. Ckckck

Saya dulu sempat mikir. Dokter tuh yaa, harusnya turut mencerdaskan bangsa dengan mengedukasi pasien tentang gaya hidup sehat  buat menyembuhkan penyakit yang sedang di deritanya. Bukan sekedar ngasih obat-obat mahal, trus udah aja.  Ckckck.

Lalu tetiba saya inget, emang orang Indonesia mau gitu dateng ke dokter untuk  dikasih saran-saran tentang gaya hidup sehat doang? Semisal dia pilek, trus dokternya bilang gini, “Adik banyak minum air putih aja, makan buah-buahan yang banyak vitamin C nya, trus kalo malem ditutup hidungnya, badannya dibawa lari (okeh yang ini gak jelas asal-usulnya), gak usah minum obat ya.” Seberapa  banyak pasien disini yang rela bawa pulang saran, bukannya  setumpuk obat  dari dokternya? Ah gak yakin guweeeeh.

Saya dulu sempet mikir. Dokter tuh yaa, nanganin pasien pakai obat bejibun, antibiotik suntik lah, antibiotik dobel lah, apa lah yang saya gak ngerti namanya. Emang tuh obat gak bakal jadi racun.

Trus saya inget, saya tinggal di Indonesia, dimana ibu-ibu kalo ngegosip, “Ihhhh…. ke dokter A aja, bagus dokternya, cepet sembuhnya”. Pokoknya kalo pusing, mesti cepet ilang pusingna. Kalo demam, mesti cepet turun panasnya. Kalo mencret kudu cepet mampetnya.
Eaaa. Haishhhh.

Jadi yang masih mau salahin dokternya?

Leave a Reply

