1

Dokumentasi Kepo:Status Halal Resto Populer

Cek-cek lagi ya teman-teman status halal resto-resto populer. Kalo menurut saya, resto populer yang belum punya sertifikasi halal MUI perlu sangat-sangat-sangat diwaspadai. Logika nya nih ya, resto populer pasti punya modal yang lebih dari cukup, modal pengetahuan peraturan, SDM, dana, dll, buat ngajuin SH MUI. Jadi, kalo mereka belum punya, atau belum ngajuin, wew, tanya dong kenapa?

Kalo diliat-liat cukup banyak yang meragukan itu bakery ama masakan jepang. Kenapa bakery? Coba cek kultwit http://chirpstory.com/li/5097.
Kenapa masakan Jepang? http://www.myhalalcorner.com/meninjau-ke-halalan-sushi/

Berhubung saya bukan ulama, dan minim ilmu agama, jadi ngerti gak fatwa, biar gampang kita bersandar ama MUI aja. Di bawah ini ada beberapa yang saya kepoin. Rupanya banyak dari yang masih geje adalah penyedia makanaaan enaaaak yang sangat-sangat berat untuk dilewatkan jika ditraktir, huaaaaaa 😦

J.CO
Agak bingung nih si JCO, kalo “saudarinya” Breadtalk, belum diperpanjang sertifikat halal (SH) nya. Setahu saya JCO pernah tulis di box nya kalo produknya sedang disiapkan untuk SH MUI, tapi saya belum lihat sertifikat halal MUI nya. Tapi saya lihat di http://www.halalmui.org/images/stories/pdf/LSH/produkhalal.pdf, ada beberapa bahan J.CO yang udah ada SH nya, tapi bahan lho yaa, dan kita gak tahu apakah masih ada bahan yang belum halal apa enggak. Kalo cek di twit https://twitter.com/halalindonesia belum SH MUI.
Kalo di Singapura, sepertinya belum halal https://twitter.com/halalSG/status/304748769818337282. Di malaysia konon udah halal http://rozzwin.files.wordpress.com/2009/02/certificate-halal-swy.jpg

Hanamasa, Solaria, Sushi Tei, Rotiboy
Belum ada sertifikat halal. Katanya sih kalo Sushi Tei karena yang bersangkutan jual Continue reading

Advertisements
0

Jadwal Donor Darah Bandung 2013

Ayoo kita donor darah. Nih buat yang mau tahu, ada sejuta manfaat donor darah lho…
Untuk yang mau donor darah, khusus nya di Bandung, bisa datang langsung ke PMI Bandung, buka dari jam 07.00 hingga 20.30. Buka setiap hari. Buat yang gak mau ke PMI, coba cek jadwal donor darah di bawah, siapa tahu cocok dan dekat lokasi kamu. Continue reading

0

Hati yang Sebentar Lagi Mati

Seorang nenek duduk di ujung gang yang saya lewati setiap mau pergi ke pasar. Tangannya akan refleks menengadah pada setiap orang yang lewat, sambil meminta dengan lirih. Saya jarang memberi nya uang, sangat jarang. Paling di kampung juga dia kaya raya, pikir saya.
Masih di sekitar lokasi yang sama. Ada anak kecil bernama Isna dan teman-temannya. Setiap hari, sampai larut malam tiba, berjualan bunga. Kadang saya sempatkan nongkrong sebentar sama mereka. Ngobrol tentang bunga yang mereka jual sudah laku berapa, atau sekedar main tebaktebakan gambar sederhana yang mereka pungut entah dari mana. Tapi saya tidak pernah memberi mereka uang, atau membeli bunga yang mereka jual. Sekalipun isna sampai merajuk untuk itu. Continue reading

6

Masjid Terbaik

masjid kubah emas-depok-6
masjid kubah emas-depok-6 (Photo credit: haffidze)

Ketika googling mengenai masjid-masjid terbaik di Indonesia, saya kecewa. Kebanyakan tulisan mendefinisikan masjid terbaik dari kemegahan, keindahan, kebersihan, keunikan (karpet nya yang setebal 5cm, kubah yang terbuat dari emas, hiasan kristal swarovski 😛 kali).

Definisi saya tentang masjid terbaik? Sejauh ini adalah masjid yang ramai, nyaman, pusat dari kegiatan-kegiatan keislaman, tertata sesuai aturan Islam (apa aja emangnya? 😀 hehe)

Belum banyak masjid yang saya kunjungi, beberapa masjid terkenal pun belum semua dapat saya kunjungi. Jadi so far, penghargaan masjid terbaik saya (yang pernah saya kunjungi) saya berikan kepada…. (drumrolll pleeeaaase)

MASJID Continue reading

2

Cuek Jalan di Trotoar, Siapa Berani?

Pernah lihat video ibu-ibu ngusir bikers dari trotoar? Keren banget!

Sebagai pejalan kaki paling setia, terutama di akhir bulan, kemarin saya jalan dari kampus sampai Simpang Dago. Sebelum persimpangan, eaa… mulai deh kelihatan motor-motor yang menjajah trotoar.

Karena keingetan ama video ibu-ibu, dan juga kuliah Metoda Pengendalian Lalu-lintas tentang hak-hak pejalan kaki, mulai deh kepikiran buat mempertahankan hak :D.

Ceritanya, saya mau halangin jalan motor yang naik ke trotoar. Pura-pura ga tahu aja. Yang di motor, sabar juga, gak klakson, atau ngapain gitu. Mungkin nyadar kali ya, kalo the trotoar is mine! Tapi lama-lama, saya yang kasihan aja, ya udah kasih jalan ): deh (dasar gak kuat iman).  Kan kali aja dia lagi kepepet, tiba-tiba maknya sakit atau kenapa gitu… #alasan

Oke, buat abang-abang dan nona-nona yang berani mempertahankan hak pejalan kaki di trotoar, lanjutgan! Anda didukung oleh UU no 22 Tahun 2009 Tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan. Continue reading